Wujudkan Cita-Cita Daging Halal via Festival Syawal

  • Home
  • Event
  • Wujudkan Cita-Cita Daging Halal via Festival Syawal

Penyembelihan hewan merupakan hulu jaminan produk halal makanan minuman. Aturan halal haram sangat berpusat pada aturan terkait penyembelihan daging. Keberadaan daging halal beserta turunannya sangatlah penting untuk menjamin kehalalan rantai produksi selanjutnya. Berangkat dari hal tersebut, Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) menyelenggarakan Festival Syawal ​LPPOM MUI 1444 H ​dengan tema “Jaminan Halal Dimulai dari Hulu”​. Menggandeng Bank Indonesia, LPPOM MUI menggelar BIMTEK online “Cara Mudah Sertifikasi Halal bagi Rumah Potong Hewan” hari ini (24/5).

Secara khusus, Festival Syawal LPPOM MUI tahun ini menyasar pada Rumah Potong Hewan (RPH) untuk mengatasi kelangkaan RPH halal di 34 provinsi di Indonesia. Bentuknya berupa sertifikasi halal gratis untuk mempercepat pasokan daging halal bagi umat Islam. Tak hanya itu, kegiatan ini juga disemarakkan kegiatan bimbingan teknis meningkatkan pehamaman pelaku usaha, khususnya di RPH, terkait Sistem Jaminan Produk Halal.

Direktur Utama LPPOM MUI, Muti Arintawati, mengungkapkantantangan besar dalam sertifikasi halal terkait pasokan bahan baku turnan hewani. Riset KNEKS bersama Halal Science Center IPB pada tahun 2021 menunjukkan bahwa 85% RPH belum memiliki sertifikat halal. Tentu ini bisa menjadi hambatan besar bagi Indonesia yang bercita-cita melakukan sertifikasi 10 juta produk halal.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, menyatakan, “Sesuai arahan Presiden, Kami akan mempercepat proses mendapatkan sertifikasi halal bagi pelaku usaha, khususnya UMKM, dengan memangkas durasi pengurusan sertifikat. Sosialisasi dan pendampingan secara masif terkait sertifikasi halal bagi UMKM harus terus dilakukan.”

Pada tahun ini, LPPOM MUI menggandeng Bank Indonesia yang juga sama-sama bertekad  mempercepat implementasi sertifikasi halal dan legalitas Nomor Kontrol Veteriner (NKV) di Indonesia. Arief berharap, langkah ini sejalan dengan arahan Wakil Presiden pada rapat pleno KNEKS tahun lalu yang meminta agar semua pihak mendorong sertifikasi halal RPH di seluruh Indonesia.

“Festival Syawal juga menjadi langkah nyata kontribusi LPPOM MUI untuk mendukung sertifikasi halal di Indonesia. Kami sampaikan apresiasi yang tinggi kepada LPPOM MUI yang selalu konsisten dan semangat untuk terus mendorong dan mengakselerasi sertifikasi halal bagi pelaku usaha sebagai infrastruktur penting dalam ekosistem halal,” ungkap Arief.

Hadir sebagai pembicara dalam webinar bertema “Cara Mudah Sertifikasi Halal bagi Rumah Potong Hewan”, yaitu: Teten Masduki (Menteri Koperasi & UKM RI), Muti Arintawati  (Direktur Utama LPPOM MUI), Lady Yulia (Sub Koordinator Bina LPH dan Auditor Halal), Arief Hartawan (Kepala DEKS Bank Indonesia), Priyo Wahyudi (Auditor Halal LPPOM MUI), Apriyani Lestariningsih (Koordinator Substansi Higiene Sanitasi dan Penerapan Direktorat Kesehatan Masyarakat Veteriner), Ade Kusmiawati (Kepala RPH Cibinong Kab. Bogor)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.

Archives