Taking too long? Close loading screen.
LPPOM MUI

Restoran Sandwich “Subway”, Kini Resmi Kantongi Sertifikat Halal

  • Home
  • Berita
  • Restoran Sandwich “Subway”, Kini Resmi Kantongi Sertifikat Halal

Muslim Indonesia patut kembali bergembira. Deretan kuliner lezat dan halal semakin bertambah. Kini, giliran sandwich Subway dari PT Sari Sandwich Indonesia telah mengantongi sertifikat halal.

Simbolis penyerahan Ketetapan Halal dari Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) serta Sertifikat Halal Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) kepada PT Sari Sandwich Indonesia yang merupakan anak perusahaan PT MAP Boga Adiperkasa dilakukan dalam acara Press Conference Sertifikasi Halal Subway Indonesia pada 29 Maret 2022.

“Kami menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Subway Indonesia atas inisaitifnya untuk melakukan proses sertifikasi halal. Hal ini menunjukkan bahwa perusahaan berkomitmen untuk memberikan jaminan kepada konsumen bahwa makanan yang mereka konsumsi aman dan halal. Subway Indonesia punya kewajiban untuk menjaga komitmen kehalalan produknya selama masa berlaku sertifikat halal,” terang Direktur Utama LPPOM MUI, Ir. Muti Arintawati, M.Si.

Pada kesempatan itu, Presiden Direktur PT MAP Boga Adiperkasa, Anthony Cottan, menyampaikan pentingnya esensi halal pada sebuah produk. Menurutnya, halal bukan hanya tentang bahan, melainkan juga standar kualitas, bahan, proses, dan pelayanan. Dengan adanya sertifikat halal, Anthony berharap muslim dapat merasa tenteram saat menikmati sandwich Subway.

“Ini sebuah kehormatan, brand internasional bisa mendapatkan sertifikat halal Indonesia. Ini bukanlah hal yang mudah, memerlukan disiplin yang baik, baik bagi muslim maupun nonmuslim sekalipun. Prosesnya sangat bagus dan detail. Kita belajar banyak melalui sistem jaminan produk halal,” ungkap Anthony.

Sementara itu, Halal Partnership & Audit Services Director LPPOM MUI, Dr. Ir. Muslich, M.Si., menjelaskan bahwa proses sertifikasi halal merupakan proses yang panjang. Sistem sertifikasi halal di Indonesia itu tidak hanya berkaitan dengan produk, tapi juga sistem manajemen, yaitu sistem jaminan produk halal (SJPH). Kalau kita lihat ada lima kriteria.

“Material hanya salah satu di antara kriteria SJPH. Ada banyak kriteria lain yang harus dipenuhi untuk bisa mendapatkan sertifikat halal, mulai dari membentuk tim, aturan, prosedur, audit internal. Hal itu akan dicek tidak hanya di kantor pusat atau dapur, melainkan juga di outlet. Semua personel yang ada di lini itu harus paham tentang prosedur sistem halal ini,” tegasnya.

Kepala Pusat Kerjasama dan Standarisasi Halal BPJPH Siti Aminah menyampaikan terima kasih dan turut bangga atas kesadaran dan komitmen PT Sari Sandwich Indonesia sebagai pelaku usaha yang memandang jaminan kehalalan menjadi nilai tambah bagi dunia usaha dan meningkatkan kepercayaan masyarakat.

“Pemerintah terus mendorong pelaku usaha dan masyarakat untuk menyiapkan diri menyongsong pemberlakukan kewajiban bersertifikat halal. Hal ini selain untuk melindung warga negara Indonesia agar mengonsumsi makanan halal dan sehat, juga untuk memberikan nilai tambah terhadap produk,” tutur Aminah.

Subway Indonesia membuka gerai perdananya pada Oktober 2021 di Cilandak Town Square Jakarta Selatan. Kini, Subway Indoensia sudah memiliki 17 outlet, 14 diantaranya tersebar di wilayah DKI Jakarta. (YN)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Archives