Taking too long? Close loading screen.
LPPOM MUI

Langkah Baru LPPOM MUI Jelajahi Dunia Sertifikasi Halal

  • Home
  • Berita
  • Langkah Baru LPPOM MUI Jelajahi Dunia Sertifikasi Halal

Menjadi lembaga pemeriksa halal pertama yang telah malang melintang selama 32 tahun, Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) memantapkan diri menjadi Lembaga Pemeriksa Halal yang “Terdepan dalam Solusi Jaminan Halal”. 

Dalam sebuah kesempatan, Direktur Eksekutif LPPOM MUI, Ir. Muti Arintawati, M.Si. menyampaikan dua misi utama LPPOM MUI. Dengan misi ini, LPPOM MUI siap dengan program-program strategis yang telah disusun demi kemajuan dunia halal di Tanah Air maupun dunia internasional. 

Pertama, LPPOM MUI menyediakan layanan pemeriksaan dan pengujian produk halal berstandar internasional yang memberikan nilai tambah bagi dunia usaha dan pemangku kepentingan lainnya melalui layanan unggul, hubungan kemitraan saling menguntungkan, sumber daya insani berkompetensi tinggi dan inovasi berkelanjutan. 

Dalam hal ini, LPPOM MUI telah mendapatkan akreditasi SNI ISO/IEC 17065:2012 dan memiliki total ruang lingkup akreditasi sebanyak 15 kategori berdasarkan standar UAE 2055:2-2016. Hal ini dapat menjadi nilai tambah bagi para pelaku industri halal untuk bersaing di kancah global.

Selain itu, Laboratorium LPPOM MUI juga telah mendapatkan akreditasi SNI ISO/IEC 17025: 2017. Hal ini menjadi bukti bahwa LPPOM MUI siap menghadapi tantangan dari segala aspek, termasuk dalam lingkup pelayanan laboratorium halal yang senantiasa terjaga kualitasnya.

(Baca juga: Re-Akreditasi Layanan Laboratorium LPPOM MUI dengan Penambahan Ruang Lingkup)

Kedua, LPPOM MUI terus mengembangkan Standar Sertifikasi Halal yang menjadi acuan komunitas halal nasional dan internasional. Hal ini dapat dilihat dari standar sertifikasi halal LPPOM MUI yang telah menjadi rujukan 45 Lembaga Sertifikasi Halal Luar Negeri dari 26 negara. 

(Baca juga: Daftar Lembaga Sertifikasi Halal Luar Negeri)

Selain itu, LPPOM MUI juga telah tergabung dalam World Halal Food Council (WHFC), yaitu wadah berhimpunnya lembaga sertifikasi halal dari berbagai lembaga sertifikasi di dunia yang didirikan sejak tahun 1999 di Jakarta. Sejak didirikan hingga sekarang LPPOM MUI dipercaya menjadi Presiden WHFC. (YN)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Archives