Search
Search

Flavor dan Fragrans Tumbuh Pesat, LPPOM MUI Berikan Apresiasi di Halal Award

  • Home
  • Artikel Halal
  • Flavor dan Fragrans Tumbuh Pesat, LPPOM MUI Berikan Apresiasi di Halal Award
LPPOM MUI Halal Award 2023

oleh: Fadilla (Post Audit Officer dan Auditor Halal LPPOM MUI)

Bertepatan dengan Hari Pelanggan Nasional pada 4 September 2023 lalu, LPPOM MUI memberikan apresiasi kepada sejumlah pelaku usaha dalam gelaran LPPOM MUI Halal Award 2023. Sebanyak lima flavorhouse/fragrancehouse (beserta affiliate) menjadi nominasi Fastest Growth on Halal Product. Masing-masing flavorhouse tersebut mendaftarkan lebih dari 3.000 produk dalam dua tahun terakhir.

Flavour dan fragrans menjadi salah satu bahan baku yang penting dalam industri. Keduanya merupakan bahan tambahan pangan yang salah satunya berfungsi untuk menjaga keseragaman profil sensori produk akhir, sehingga mutu produk dapat diseragamkan. Penggunaan flavor juga dapat menekan biaya produksi jika dibandingkan dengan perasa alami dari buah-buahan sehingga harga produk akhir menjadi lebih terjangkau untuk masyarakat.

Flavor dan fragrans termasuk ke dalam kategori bahan kompleks dalam tahapan sertifikasi halal, sehingga diperlukan Sertifikat Halal BPJPH atau Sertifikat Halal dari lembaga yang diakui MUI sebagai pemenuhan kecukupan dokumennya.

Proses pembuatan flavor dan fragrans tergolong rumit karena keduanya terdiri dari campuran bahan baku yang sangat banyak. Bahan baku ini beragam jenisnya, mulai dari bahan kimia, ekstrak bahan nabati, bahan hewani, hingga berbagai turunan asam lemak. Pada bahan-bahan ini terdapat banyak titik kritis kehalalan, seperti extracting agent dalam proses pengolahan bahan nabati. Selain itu, ada banyak sumber bahan baku flavor dan fragrans yang berasal dari asam lemak.

Di samping itu, proses pembuatannya juga tidak mudah karena pada beberapa jenis tahapan ada yang melibatkan fermentasi atau aktivasi enzim dengan suhu. Enzim sendiri juga banyak yang merupakan hasil dari proses fermentasi. Proses fermentasi ini memiliki banyak titik kritis kehalalan, di antaranya adalah media selaku sumber nitrogen yang digunakan untuk proses pertumbuhan mikroorganisme.

Hadirnya flavorhouse/fragrancehouse (beserta affiliate) yang halal menjadi langkah yang mempermudah pihak yang terlibat dalam rantai produksi halal hilir. Hal ini serupa dengan rumah potong hewan yang juga kehalalannya krusial karena menjadi hulu dari sangat banyak produk pada industri di Tanah Air.

Sebelum ini, LPPOM MUI telah mengadakan acara Festival Syawal 1444 H dalam bentuk sertifikasi gratis untuk RPH terpilih, sesuai dengan tema pada acara tersebut yaitu “Jaminan Halal Dimulai dari Hulu”. Lalu disambung dengan pemberian apresiasi kepada sejumlah pelaku usaha dengan pertumbuhan produk terbanyak dalam dua tahun terakhir.

Hal ini sejalan dengan kiprah LPPOM MUI yang terus-menerus berkontribusi dalam ekosistem halal di Indonesia selama 34 tahun terakhir dan selalu terdepan dalam solusi jaminan halal (DIL).

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *