Taking too long? Close loading screen.
LPPOM MUI

Global Halal Hub sebagai Keunggulan ISEF 2022

Jakarta – Pada pelaksanaan ISEF 2022, Bank Indonesia sebagai inisiator ISEF 2022, mengambil hal berbeda dari tahun sebelumnya. Dalam penyelenggaraannya, Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2022 mengambil 3 keunggulan utama, yaitu penyelenggaraan halal modest fashion terbesar, Penguatan ekosistem Global Halal Hub (GHH), serta pencanangan Gerakan Akselerasi Sertifikasi Halal.

“Penguatan ekosistem Global Halal Hub (GHH), yang merupakan wadah untuk bersinergi, berjamaah mempercepat pengembangan produk halal unggulan lokal berorientasi global, dan sekaligus untuk menindaklanjuti arah Bapak Wakil Presiden bagaimana salah satunya juga nusantara menjadi pusat holtikultura, pusat rempah-rempah untuk dunia dan untuk produsen halal food,” ungkap Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo.

Wakil Presiden Republik Indonesia, K.H. Ma’ruf Amin mengungkapkan, akselerasi Global Halal Hub (GHH) merupakan perwujudan dari hamzah washal. Didalamnya mencakup terintegrasinya pelaku UMKM dan pemangku kepentingan dalam sebuah ekosistem halal, dimasifkannya peran pengusaha sebagai off-taker, dan hilirisasi sumber daya alam.

Wakil Presiden RI, K.H. Ma’ruf Amin mengungkapkan apresiasinya kepada BI khususnya Gubernur BI yang telah menjadi hamzah washol yang besar, yang menyatukan berbagai hamzah washal sehingga terjadi proses kolaborasi yang begitu luar biasa untuk menyatukan semua pemangku kepentingan, termasuk pesantren, Lembaga keagamaan, dll.

“Ini merupakan tanda bangkitnya ekonomi syariah, bangkitnya umat Islam, bangkitnya arus baru ekonomi Indonesia,” ungkap K.H. Ma’ruf Amin.

Apakah yang dimaksud hamzah washol tersebut? Wakil Presiden Republik Indonesia menyebutkan bahwa hamzah washol merupakan dari huruf hamzah yang menghubungkan antara kalimat-kalimat sehingga menjadi untaian kata yang indah. Hal ini merupakan analogi dari adanya berbagai Lembaga, kementerian dan asosiasi yang bergerak di bidang halal ini dapat dirangkai membentuk sebuah ekosistem halal yang terintegrasi di bawah Global Halal Hub.

Penguatan ekosistem Global Halal Hub diantaranya meliputi pengumpulan basis data, kurasi produk halal, pelatihan dan pendampingan, pembentukan merek, legalitas dan sertifikasi, orientasi pasar lokal dan global, investasi dan permodalan serta logistik. LPPOM MUI, sebagai Lembaga pemeriksa halal, memiliki peran penting dalam ekosistem halal tersebut utamanya di subekosistem legalitas dan sertifikasi.

Dua poin utama sebagai keunggulan ISEF 2022, disamping penguatan ekosistem GHH yaitu, diselenggarakannya halal modest fashion terbesar Indonesia International Modest Fashion Festival (IN2MOTIONFEST) dan pencanangan Gerakan Akselerasi Sertifikasi Halal.

Dalam IN2MOTIONFEST, ISEF menampilkan 163 desainer modest fashion, 17 kegiatan dan 1256 karya-karya modest fashion, yang berasal dari berbagai provinsi Indonesia dan juga menampilkan keunggulan provinsinya.


Poin unggulan lainnya, yaitu pencanangan Gerakan Akselerasi Sertifikasi Halal, melibatkan semua stakeholder halal yang  berkomitmen menjadi hamsah washol untuk memperkuat akselerasi Sertifikasi halal di Indonesia. Dukungan seluruh stakeholder untuk akselerasi Sertifikasi halal mencakup pendampingan pelaku usaha, penguatan kompetensi SDM halal, penguatan ekosistem halal di sisi hulu, peningkatan literasi halal, perluasan infrastruktur pendukung, sarana dan prasarana serta dukungan pembiayaan.

Dalam sambutannya, Perry turut menyatakan bahwa Indonesia saat ini menjadi pemain utama ekonomi keuangan syariah global, peringkat keempat dari seluruh keuangan syariah global, peringkat kedua dari makanan halal dan peringkat ketiga untuk fashion muslim.

“Hal ini menunjukkan kalau kita berjamaah kita bersatu dan selalu menjadi hamzah washol insyaAllah Allah akan memajukan dan memberkahi kita bersama,” tegas Perry. (nad)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Archives