Taking too long? Close loading screen.
LPPOM MUI

Gelar TOT, LPPOM MUI Provinsi Kaltim Perkuat Kesadaran Masyarakat Konsumsi Halal

  • Home
  • Berita
  • Gelar TOT, LPPOM MUI Provinsi Kaltim Perkuat Kesadaran Masyarakat Konsumsi Halal

LPPOM MUI Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) baru saja menggelar Training of Trainer (ToT). Peserta yang tergabung merupakan para kader halal dan para pelaku usaha sejumlah 171 orang pada 21 Mei 2022. Adapun para kader halal berasal dari berbagai perguruan tinggi di Kaltim, seperti Universitas Mulawarman, Universitas Balikpapan, Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur Samarinda, Politeknik, Politani dan sebagainya. Selain itu, bimbingan teknis sertifikasi halal juga diselenggarakan pada 26 Mei 2022.

Menurut Direktur Provinsi Kaltim, H. Sumarsongko, kegiatan ini bertujuan memberikan pembekalan sosialisasi tentang produk halal, setiap konsumen muslim berhak untuk mendapatkan produk yang dikonsumsinya telah terjamin kehalalannya. “Dengan banyaknya orang yang akan datang ke Kaltim, para pelaku usaha rumah makan dan restoran perlu mempersiapkan makanan yang baik dan halal. Kader dakwah halal mempunyai peran sentral untuk menggugah kesadaran halal konsumen tersebut,” terangnya.

Indonesia, lanjut Sumarsongko, khususnya Kaltim sebagai calon IKN tidak boleh kalah dari Thailand, Hongkong, Singapura, China dan sebagainya yang gencar menyiapkan dan mengampanyekan produk atau makanan yang halal.

Kegiatan ToT ini termasuk dalam rangkaian program Festival Syawal 1443 H, yang merupakan acara tahunan LPPOM MUI secara serentak selama satu bulan oleh seluruh LPPOM MUI Provinsi di Indonesia. Berbagai kegiatan lain juga masuk dalam rangkaian Festival Syawal 1443 H yang berlangsung selama satu bulan, diantaranya bimbingan teknis kepada pelaku UMK, webinar terkait sertifikasi halal, serta fasilitasi sertifikasi halal gratis kepada sejumlah UMK di seluruh provinsi Indonesia. (YN)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Archives