Permudah akses informasi teknis proses sertifikasi halal bagi pelaku usaha, LPPOM MUI hadir dalam Food & Hotel Indonesia 2022

2022-08-01 04:53:36

Hari itu, Kamis 28 Juli 2022 Ia hadir ke JIEXPO dalam acara Food & Hotel Indonesia Expo. Ia seorang pelaku usaha yang ingin mengetahui lebih lanjut bagaimana proses sertifikasi halal. Dari berita di Instagram ia mengetahui bahwa LPPOM MUI membuka booth dalam 16th Indonesia International Leading Hospitality, Food & Beverages Trade Exhibition yang dimulai tanggal 26 sampai dengan 29 Juli 2022.


Booth LPPOM MUI

Ketika hadir di booth No. 1011 milik LPPOM MUI, antusiasme tergambarkan dengan ramainya pengunjung yang hadir ke booth LPPOM MUI di Food & Hotel Indonesia 2022. Tak hanya pelaku usaha manufacturing, restoran dan dapur dari dalam negeri namun pelaku usaha dari luar negeri, himpunan pengusaha, distributor, pemiliki jasa retail dan logistik juga berkunjung dan berkonsultasi dengan tim LPPOM MUI. Kurangnya informasi terkait update regulasi sertifikasi halal di Indonesia, proses yang harus dilalui dalam sertifikasi halal dan dokumen yang perlu dipersiapkan untuk pelaku usaha tersebut, menjadi tujuan LPPOM MUI hadir dalam expo untuk memfasilitsi kebutuhan para pelaku usaha. Menurut Cucu Rina Purwaningrum selaku manager marketing & networking “LPPOM MUI hadir di Food & Hotel Indonesia untuk membuka akses seluas-luasnya agar dapat berkolaborasi dengan berbagai pihak. Pelaku usaha berhak mendapatkan akses informasi yang dibutuhkan untuk memulai proses sertifikasi halal sehingga dapat menjawab regulasi pemerintah Indonesia tentang Jaminan Produk Halal yang penahapan kewajiban sertifikasi halalnya telah dimulai sejak 2019. Kedepannya akan banyak acara-acara serupa yang akan diikuti oleh LPPOM MUI bekerja sama dengan penyelenggara acara”

Hal ini disambut baik oleh pelaku usaha yang datang berkunjung “Kami senang LPPOM MUI ada di expo ini, karena selain kami bisa mencari supplier bahan-bahan dan peralatan yang kami butuhkan untuk produksi, kami juga bisa mendapatkan informasi tentang sertifikasi halal yang selama ini saya masih kurang jelas bagaimana memulai prosesnya. Kebutuhan kami lengkap terfasilitasi dalam satu event expo ini” begitulah kesan salah satu pengunjung yang hadir ke booth LPPOM MUI.


Seminar

Dalam rangkaian acara di Indonesia International Leading Hospitality, Food & Beverages Trade Exhibition yang sudah dilaksanakan ke 16 kalinya dalam tahun ini, bersama dengan penyelenggara acara yaitu PT Pamerindo Indonesia, LPPOM MUI menyelenggarakan seminar dengan topik “Persiapan Menghadapi Kewajiban Sertifikasi Halal bagi Pelaku Usaha dengan Produk Pangan, Katering, dan Dapur Hotel”.

Hadir sebagai narasumber dari LPPOM MUI yaitu Cucu Purwaningrum sebagai Manager of Marketing and Networking LPPOM MUI dan PT Pelepas Dahaga Indonesia atau masyarakat mengenal produknya yaitu minuman boba dengan brand Xing Fu Tang yang sudah memiliki sertifikat halal. Dengan hadirnya kedua narasumber, pengunjung disajikan informasi yang lengkap tentang persyaratan serta tahapan proses sertifikasi halal. Untuk memberikan gambaran teknis bagaimana seorang pelaku usaha memulai proses sertifikasi halalnya, Vancelia dari PT Pelepas Dahaga Indonesia memaparkan pengalaman ketika beliau memproses sertifikasi halal untuk produknya dengan brand restoran Xing Fu Tang.

Melihat banyaknya manfaat yang ada bagi pelaku usaha dalam penyelenggaraan expo dan seminar ini, LPPOM MUI akan banyak berpartisipasi dalam acara serupa sehingga dapat berkolaborasi dengan lebih banyak stakeholders serta memudahkan pelaku usaha mendapatkan informasi dan kontak LPPOM MUI.

Artikel Terbaru Lainnya

INDEX ARTIKEL

Jakarta Sekretariat LPPOM MUI

Bogor Global Halal Centre

-->