Manfaat dan Keuntungan Implementasi Sistem Jaminan Halal (SJH)/SJPH

2022-06-23 02:56:30

Sertifikasi halal kini menjadi bentuk kepatuhan pelaku usaha atau perusahaan terhadap regulasi Jaminan Produk Halal yang berlaku. Di samping itu, adanya sertifikat halal dapat memberikan nilai tambah bagi produk. Hal ini karena setiap perusahaan yang telah bersertifikat halal wajib mengimplementasi Sistem Jaminan Halal (SJH) atau yang saat ini dikenal dengan Sistem Jaminan Produk Halal (SJPH).


Menurut Direktur Utama Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI), Ir. Muti Arintawati, M.Si, sebelum melakukan pendaftaran sertifikasi halal, perusahaan harus sudah menerapkan SJH yang sesuai dengan regulasi pemerintah dan HAS 23000.


“Untuk penerapan SJH yang sesuai, perusahaan perlu memahami terlebih dahulu kriteria SJH yang dipersyaratkan dalam HAS 23000, yang disusun berbasis tematik sesuai dengan proses bisnis perusahaan,” ujar Muti.


HAS 23000 merupakan persyaratan sertifikasi halal yang ditetapkan oleh LPPOM MUI guna sertifikasi halal suatu produk. Persyaratan tersebut berisi kriteria Sistem Jaminan Halal (SJH) dan persyaratan lain, seperti kebijakan dan prosedur sertifikasi halal. Terdapat 11 kriteria SJH yang dicakup dalam HAS 23000. Seluruh kriteria tersebut wajib dipenuhi oleh perusahaan yang ingin memperoleh sertifikat halal untuk produknya.


Dengan menerapkan SJH yang dipersyaratkan oleh dalam sertifikasi halal, perusahaan akan mendapatkan lima manfaat dan keuntungan, diantaranya:

  1. Menjamin kehalalan produk selama berlakunya sertifikat halal.
  2. Timbul kesadaran internal dan perusahaan memiliki pedoman berkesinambungan proses produksi halal.
  3. Memberikan jaminan dan ketenteraman bagi masyarakat.
  4. Mencegah kasus ketidakhalalan produk bersertifikat halal.
  5. Mendapatkan Reward

Bagi perusahaan yang telah mendapatkan status SJH dengan nilai A tiga kali berturut-turut, maka akan mendapatkan sertifikat SJH yang mempunyai kemudahan, salah satunya audit dilakukan secara ondesk. (*)

Artikel Terbaru Lainnya

INDEX ARTIKEL

Jakarta Sekretariat LPPOM MUI

Bogor Global Halal Centre

-->