Taking too long? Close loading screen.
LPPOM MUI

Kabar Baik, Kuteks Bisa Saja Halal, Kenali Cirinya!

Kuteks adalah salah satu pernis yang digunakan biasanya oleh kaum hawa untuk memperindah kuku baik tangan maupun kaki. Untuk menambahkan kesan dekoratif dan unik, formula kuteks terus dikembangkan dari berbagai bahan dan campuran berbagai zat.

Dalam Islam, penggunaan kuteks bisa saja haram, atau tidak diperbolehkan lantaran beberapa hal. Namun, tidak perlu khawatir. Saat ini beberapa perusahaan sudah memproduksi beberapa merek kuteks yang halal dan sah-sah saja jika dipergunakan saat shalat.

“Kuteks dan bahan yang sudah klaim waterproof, jika sudah sertifikasi halal berarti berasal dari bahan yang tidak haram atau najis serta diproduksi melalui fasilitas yang tidak terkontaminasi haram atau najis pula,” Senior Halal Auditor LPPOM MUI, Dra. Susiyanti, M.Si.

Jadi, dalam mengukur standar halal kuteks dilakukan melalui dua kriteria. Pertama, produk harus terbebas dari bahan-bahan najis. Kedua, produk harus harus dipastikan memiliki sifat tembus air dibuktikan dengan hasil uji daya tembus air.

“Adapun kosmetika dekoratif yang tidak tembus air (waterproof) atau yang tidak dilakukan uji daya tembus air, dapat disertifikasi dengan syarat produk dengan penggunaan terbatas waktunya, seperti sunblock. Selain itu, perusahaan juga harus memberikan catatan yang jelas pada kemasan atau leaflet khusus bagi pengguna yang akan beribadah,” jelas Halal Audit Quality Board of LPPOM MUI, Dr. Ir. Mulyorini Rahayuningsih, M.Si.

Maka dari itu, sangat mudah untuk mengenali kuteks halal yang aman digunakan untuk berwudhu dan shalat, yaitu hanya dengan mengecek logo sertifikasi halal yang tertera di badan produk. Semua produk bersertifikat halal sudah pasti melalui proses audit yang kredibel sehingga tidak perlu ragu lagi dalam menggunakan produk tersebut. (AI/YN)

Daftar Kuteks yang Sudah Bersertifikat Halal

Berikut ini beberapa daftar kuteks bersertifikat halal yang melalui proses audit halal di LPPOM MUI.

  1. PT. IMMORTAL COSMEDIKA INDONESIA : MAZAYA dan AMARANTHINE
  2. PT. Joya Hougan Lestari : JEHAN
  3. PT. Sagara Purnama : ANZORA dan HI GLOW SKIN CARE
  4. Wahana Kosmetika Indonesia,PT : Azarine
  5. PT. BEAUTY LINK : STUDIO COLOR, EMINA, SKINE87, MSCOSMETIC MS Glow, SR12 SKINCARE, KYND NAILS, dan ZOYA COSMETICS.
  6. PT Formula Jelita Internasional : BRUNBRUN PARIS
  7. PT. AULIA COSMETIC INDONESIA : FEMCOLOUR 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.

Archives