Sosialisasi dan Promosi Halal

2020-01-03 10:47:30

Sosialisasi dan promosi halal diperlukan untuk memberikan edukasi bagi masyarakat dan pelaku usaha. Melalui kegiatan sosialisasi dan promosi halal diharapkan masyarakat dan pelaku usaha dapat mengerti dan memahami tentang pentingnya produk halal. Adapun beberapa program kegiatan sosialisasi dan promosi halal antara lain.


1.      INDHEX (Indonesia International Halal Expo)

Dalam rangka edukasi dan promosi produk bersertifikat halal, LPPOM MUI menggelar event tahunan yaitu INDHEX, berupa Expo produk bersertifikat Halal dan berbagai event yaitu Global Halal Forum, Halal Award, aneka talkshow, halal competition, dan  Halal Community Gathering. 


2.      Olimpiade Halal

LPPOM MUI menyelenggarakan Olimpiade Halal untuk tingkat SMA di tingkat Nasional. Kegiatan ini dilaksanakan setiap tahun untuk menumbuhkan dan meningkatkan kepedulian generasi muda terhadap produk halal dan menerapkan gaya hidup halal “Halal is My Life” dalam kehidupan sehari-hari. Ujian dilaksanakan melalui program HaLO (Halal Learning Online) LPPOM MUI. 


3.      Halal Food Goes to School

Program yang ditujukan untuk generasi muda khususnya usia TK sampai SMU/sederajat agar peduli halal dan selalu mengonsumsi makanan dan minuman yang halal. Program berupa penyuluhan ke sekolah-sekolah TK sampai SMU sambil memperkenalkan produk halal.


4.      Wisata Halal (Halal Tour)

Program yang memperkenalkan kepada anak usia sekolah dan masyarakat umum tentang proses pengolahan makanan dan minuman halal dan pengetahuan tentang kehalalan produk di perusahaan yang telah mendapat sertifikat halal.


5.      Seminar/Talkshow Halal

LPPOM MUI bekerja sama dengan universitas, Instansi dan media dalam menggelar seminar/talkshow.


6.      Halal Competition

Meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap produk halal melalui penumbuhan kreativitas dalam aneka lomba halal, seperti Lomba Blog Halal, Halal Hijab Life Style bekerjasama dengan forum detik, Lomba Kreativitas Halal Mom & Me bekerja sama dengan Majalah Ummi, serta Lomba Foto Hijab Foto Hunting.


7.      Fasilitasi Sertifikasi Halal Gratis

LPPOM MUI bekerja sama dengan Pemerintah/Instansi terkait seperti Kementrerian Agama RI, Badan Pemeriksa Obat dan Makanan, Kementerian KUKM, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Dinas Perindustrian Kota/Kabupaten untuk memberikan fasilitasi sertifikasi halal gratis kepada UKM.


8.      Sosialisasi Halal Kepada UKM/Perusahaan Besar

Baik secara mandiri maupun bekerja sama dengan pemerintah/Instansi terkait, LPPOM MUI memberikan sosialisasi halal kepada UKM dan Perusahaan Besar.


9.      Sosialisasi Halal melalui Media dan Sosial Media

LPPOM MUI bekerja sama dengan berbagai media baik cetak maupun online: Republika, Detik.Com, Majalah Ummi, dll dalam sosialisasi halal. Selain itu LPPOM MUI juga melakukan sosialisasi halal melalui twitter @HalalIndonesia dan Facebook: Halal MUI.


10.  Merchandise 

LPPOM MUI membuat aneka merchandise “Halal is My Life” sebagai upaya sosialisasi tagline.

Link LPPOM MUI

Jakarta Sekretariat LPPOM MUI

Bogor Global Halal Centre

-->