Unggah Dokumen SJH

2020-06-22 11:03:41

Sebelumnya telah diterangkan bahwa dalam proses registrasi Cerol-SS23000, perusahaan diharuskan memilih tipe registrasi untuk kemudian dilanjutkan dengan mengisi data dan mengunggah dokumen yang diperlukan.

 

(Baca juga : Kenali 6 “Reg Type” Cerol-SS23000 beserta Data yang harus Diunggah)

 

Salah satu data yang diperlukan adalah dokumen Sistem Jaminan Halal (SJH), yakni merupakan dokumentasi dokumen SJH di perusahaan yang mencakup implementasi 11 kriteria SJH.

 

Dokumentasi tersebut antara lain: bukti tertulis sosialisasi kebijakan halal ke seluruh stakeholder, misalnya daftar hadir briefing karyawan, foto pemasangan kebijakan halal di area kantor/pabrik, dan memo ke supplier.

 

Untuk kriteria pelatihan dan edukasi, perusahaan harus melampirkan dokumen bukti pelaksanaan pelatihan SJH yang diselenggarakan di internal perusahaan

 

Sedangkan untuk kriteria bahan, terutama bahan kritis harus dilengkapi dokumen pendukung yang cukup. Dan untuk fasilitas, perusahaan harus melampirkan pernyataan bahwa seluruh fasilitas yang digunakan untuk proses produksi halal terbebas dari bahan haram dan najis.

 

Dokumen SJH lainnya yang harus diunggah adalah bukti pelaksanaan audit internal SJH dalam bentuk laporan hasil audit internal. Bukti pelaksanaan pelatihan SJH yang diselenggarakan di internal perusahaan, misalnya daftar hadir/foto pelatihan dan materi pelatihan.


Dokumen diagram alir untuk setiap proses produksi untuk produk yang disertifikasi juga harus dilampirkan. Diagram alir cukup satu untuk setiap jenis produk, tidak perlu seluruh produk. (*)


Artikel Terbaru Lainnya

INDEX ARTIKEL

Link LPPOM MUI

Jakarta Sekretariat LPPOM MUI

Bogor Global Halal Centre

-->