Cerol-SS23000, Daftar Sertifikasi Halal Semakin Mudah

2020-06-19 20:30:42

Cerol-SS23000 merupakan platform online untuk memudahkan Customer dalam proses sertifikasi halal. Platform ini dikeluarkan oleh Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) sejak delapan tahun lalu, tepatnya pada 24 Mei 2012.


(Baca juga : 8 Tahun Cerol-SS23000, SolusiSertifikasi Halal di Masa Pandemi COVID-19)


Kehadiran Cerol-SS23000 dimaksudkan untuk memberikan layanan pendaftaran sertifikasi halal yang efektif, efisien dan akuntabel. Tentunya, ini akan sangat membantu para pelaku usaha baik perusahaan maupun UMKM. Karena itu, tampilan dan menu Cerol-SS23000 dirancang untuk memudahkan Customer utuk menggunakannya.


Semua tahapan dan proses sertifikasi halal dapat dimonitor melalui platform Cerol-23000, yakni mulai dari pembuatan akun, registrasi, audit, monitoring fatwa, hingga sertifikat halal keluar. Mari kita bahas tahapannya secara lengkap. Artikel kali ini akan membahas cara-cara yang diperlukan untuk mengaktivasi akun Cerol-S23000 sampai dengan proses registrasi.


Pembuatan Akun Cerol-SS23000

Hal pertama yang perlu dilakukan Customer untuk memiliki akun Cerol-SS23000 adalah mendaftarkan perusahaan. Customer hanya perlu membuka laman website www.e-lppommui.org. Klik “Sign Up”, kemudian akan muncul beberapa poin yang perlu Customer isi, seperti: Company Name, Address, City, Country, Company Email, Username, Password, dan Password Confirmation. Klik “Sign Up” untuk mengakhiri pengisian data Customer.

 

Verifikasi dan Aktivasi

Setelah itu, Customer akan menerima tautan aktivasi di email yang didaftarkan pada saat “Sign Up”. Verifikasi email ini merupakan langkah Customer untuk untuk mengaktifkan akun. Klik tautan tersebut, kemudian akun akan aktif ditandai dengan Customer masuk ke laman www.e-lppommui.org.

 

Untuk masuk ke aplikasi Cerol-SS23000, Customer perlu melakukan “Login” dengan memasukkan “Username” dan “Password” yang telah dibuat. Setelah itu, Customer masuk ke dashboard Cerol-SS23000 v3.0. Pada laman ini, Customer dapat melihat berbagai menu proses sertifikasi halal MUI. Mulai dari menu registrasi, monitoring proses, inquiry, laporan berkala, unduh sertifikat, dan menu disclaimer registrasi.

 

Namun, sebelum mengakses menu yang lain, Customer perlu melengkapi profil perusahaan terlebih dulu. Klik tombol “Customer” di kanan atas dan pilih “Profile”. Lengkapi Profile dengan data Contact Person (PIC) perusahaan serta informasi kontak yang valid. Adapun poin-poin yang harus dilengkapi, diantaranya: City, Country, Zip Code, Phone, Fax, Company Email, Person in Charge (PIC) Name, PIC Title, PIC Phone, PIC Mobile Phone, PIC Email, Contact Person (CP) Name, CP Title, CP Phone, CP Mobile Phone, dan CP Email. Pastikan semua informasi diisi dengan benar, kemudian klik “Update”.

 

Registrasi

Tahap selanjutnya adalah registrasi sertifikasi halal. Ketika masuk ke laman dashboard, Customer dapat memilih “Registration”, kemudian klik “Halal Registration”. Pada menu tersebut, Customer harus mengisi beberapa data perusahaan, seperti: Branch Code, Registration Date, Registration Type (proses bisnis / jenis usaha), Registration Status (baru / pengembangan / perpanjangan), Type Product (retail / nonretail / keduanya), NPWP, Type Of Permit, Total Employee, Production Capacity, No. Of Product Group, Registration Type, Product Group, Registration Fee, Total Registration Fee, dan Payment Type (cash / transfer).

 

Setelah semua poin terisi dengan data yang lengkap dan sesuai, klik “Submit”. Kemudian akan muncul Perjanjian Sertifikasi (Customer Agreement). Baca dengan saksama dan tandai centang pada kotak untuk menyetujui. Klik “Submit” akan mengakhiri proses registrasi dan Cerol-SS23000 akan mengirimkan email pembayaran registrasi.

 

Pembayaran Registrasi

Customer perlu melakukan pembayaran registrasi ke rekening LPPOM MUI sesuai dengan angka yang tertera pada email. Kemudian klik menu “Payment Registration” untuk mengunggah bukti pembayaran. Customer juga harus mengisi Registration Number, Payment Type (cash / transfer), dan klik “Full Payment” untuk pembayaran sejumlah nominal yang ditentukan. Setelah itu, klik “Paid” dan data akan segera diproses.


Tak perlu waktu lama, perusahaan Anda sudah tercatat sebagai pendaftar sertifikasi halal LPPOM MUI. Simak artikel selanjutnya yang akan mengulas tahapan-tahapan Cerol-SS23000 lainnya secara mendetail. (YN)


Artikel Terbaru Lainnya

INDEX ARTIKEL

Link LPPOM MUI

Jakarta Sekretariat LPPOM MUI

Bogor Global Halal Centre

-->