BPJPH Mestinya Berikan Layanan Terbaik Seperti LPPOM MUI

2019-11-06 21:46:54

Cikarang - Pemberlakuan Undang-Undang Jaminan Produk Halal (UU JPH) yang ditetapkan mulai tanggal 17 Oktober 2019 lalu, hingga kini masih menjadi perbincangan masyarakat. Termasuk kalangan pelaku usaha yang mengharapkan agar pelayanan sertifikasi halal bisa lebih cepat dan efisien. Minimal sama dengan yang selama ini telah dilaksanakan selama lebih dari 30 tahun oleh LPPOM MUI.

Zu Yilin, Manajer PT Mengiu Dairy Indonesia dalam percakapan khusus dengan Jurnal Halal menyatakan, pihaknya berharap bahwa Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) yang akan mengatur mekanisme pendaftaran sertifikasi halal dapat membuat pelayanan yang lebih efektif dan efisien. “Jadi jangan sampai ada (lembaga) jaminan halal tapi justru malah memperberat pihak perusahaan,” ujarnya saat ditemui di kawasan industri Cikarang, Jawa Barat 01/11/2019)

Yilin menambahkan, BPJPH dapat memberikan pelayanan lebih baik, atau paling tidak sama cepatnya dengan pelayanan sertifikasi halal oleh LPPOM MUI. “Semoga pemerintah bisa mendengarkan apa yang kami sampaikan, dan kami rasa dari perusahaan mana pun sama. Jadi regulasi dibuat untuk mempermudah bukan untuk mempersulit kami sebagai perusahaan,” tegasnya.

Menurut Yilin, selama ini pelayanan sertifikasi halal oleh LPPOM MUI selama ini sangat efektif. Apa yang dijanjikan di awal dapat diselesaikan secara tepat waktu dan tidak ada keterlambatan, sambil menambahkan bahwa apa yang didapat pelayanan dari LPPOM MUI masih sesuai dengan apa yang diharapkan oleh kalangan pelaku usaha. “Prinsipnya kita  puas," ujar Zu Yilin.

Meski begitu, ia tetap berharap kedepannya LPPOM MUI terus mempertahankan dan meningkatkan kinerjanya, dan apa yang ada di undang-undang tidak akan mempersulit posisinya sebagai pelaku usaha. Termasuk dalam hal penggunaan logo halal, misalnya. Sebab, logo halal yang digunakan selama ini sudah digunakan dalam jangka waktu cukup lama, sehingga sudah sangat dikenal oleh masyarakat. “Kami khawatir, jika diganti akan terjadi masalah karena bisa menimbulkan kebingungan masyarakat. Belum lagi menyangkut biaya produksi kemasan, yang tentu saja tidak sedikit karena pergantian logo halal tersebut," tambahnya. (***) 

Artikel Terbaru Lainnya

INDEX ARTIKEL

Link LPPOM MUI

Jakarta Sekretariat LPPOM MUI

Bogor Global Halal Centre

-->